RSS

Jalanan = Medan Perang…!!

24 May

Sadis kalo melihat jumlah angka kecelakaan di jalan yang katanya si mencapai 95ribu per tahun dan 80% adalah kecelakan MOTOR1!! Itu artinya tiap bulan ada hampir 8ribu kecelakaan per bulan, dan 260 kecelakaan PER HARI!! Wedew… Gak salah dong kalo kita naek kendaraan nglewati jalan brati sama aja kita perang? La nyawa taruhannya je.

So whats the big deal?? Mari kita urai benang-nya
1. Ijin SIM yang unlimited
Di Indo, ijin SIM serasa gak ada batasannya. Kalo perlu umurnya dibuat lebih muda biar dapet SIM. Asal ada duit, gak perlu ujian pun bisa. Mantap deh.. Ini ada cerita yang cukup cerdas (atau licik ya?)..
Sekitar dua tahunan yang lalu, dapet crita dari temen ni…
Teman saya sama sekali gak punya SIM. Dan dia gak niat buat SIM C yg mencapai ratusan ribu.. SO? Biar aman kalo ada operasi gimana?? Dia pergi ke kantor polisi terdekat, bikin surat kehilangan. Ya.. meski gak punya SIM dia bilang ke pak polisi bahwa SIM nya ilang di tempat tertentu pada waktu yang pastinya juga hanya rekaan belaka.. Dengan ongkos seikhlasnya (biasanya si ngasih 5ribu katanya)..
Dan trata… Kalo ada operasi tinggal dikasih tuh surat kehilangan plus STNK motor pastinya.. Bilang aja lg ilang dan blum ada waktu ngurus di kampong halaman… ckckck..
Bagi yg pengen niru, jangan lupa suratnya diperbarui setiap 1 bulan sekali dan jangan di kantor polisi yang sama..
Tapi saran saya: tetaplah carilah SIM karena temen saya itu juga sudah tobat dan nyari SIM kok… (entah ujian atau enggak..)

2. Tingkat Kesadaran ma kepatuhan rendah
Ini ni penyakit menahun.. Beberapa anekdot yang sering muncul tu:
a. Kuning = TANCAP GASSSS…!!!
b. Taat kalo ada polisi
c. Eh, ngapain berhenti, gak ada polisinya kok, terobos aja…
d. Ngapain pake helm? Deket situ kok…
e. La yang lain ngelanggar, ngapain saya taat??
Banyak yg laen.. monggo ditambahkan..

3. Perilaku pengendara dah kayak pembalap..
Role mode pengendara di Indonesia (entah tu motor ato mobil) kayaknya sebelas-duabelas ma pembalap deh. Entah tu di pilem ato mbalap beneran. Ada yang niru nge-drift di pilem Tokyo Drift, ada yang niru Valentino Rossi, bahkan yg kejar2an.. wuss..wuss…

Masih banyak lo, yang laen.. tapi system dan kesadaran, menduduki 2 teratas in my opinion..
Cuman ngasih masalah tanpa ada solusi emang terdengar naïve..

So??
Di Negara manapun, driving license jadi senjata utama. Perbaikan mutlak diperlukan disisi ini. Memang beberapa si uda, tapi belum komprehensif. Standar ujian perlu ditegaskan dan benar2 diimplementasikan dengan BENAR.. Umur harus jelas.. Ujian ya standarnya jelas.. Bahkan kalo perlu dibuat selektif.. Selektif beda banget ama sulit dan njelimet..
Penanaman kesadaran sejak dini perlu ditumbuhkan.. Mulai pada diri sendiri.. adik2 kita… anak2 kita kelak.. Bahkan kalo perlu ada konseling lalu lintas yg masuk ke SD, SMP dan SMA… hehe..

Banyak solusi, tp mengutip aa’GYM.. “mulailah dari diri sendiri, dari hal yg kecil, dan saat ini juga…”

**Catatan penutup:
Si Iwan juga lagi belajar utk lebih tertib kok.. hehe..

1 Source: http://joglopos.com/80-persen-kecelakaan-jalan-dialami-pengendara-motor.htm

pict source: http://i244.photobucket.com/albums/gg12/yudivikers/kecelakaan.jpg

 
Leave a comment

Posted by on 24 May, 2010 in Every-thinks

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: