RSS

dasar artis..!!

05 Apr

”Syarat menjadi pimpinan kota/kabupaten mungkin harus ditambahi: harus memiliki pengalaman pemerintahan, semisal uda pernah jadi anggota DPRD atau bahkan mungkin hanya sekedar kepala desa.”
Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi di TV One (tayang 5 April 2010 pkl 20.00-21.00, menanggapi fenomena artis ikut Pemilukada.

Lagi-lagi artis ikut memeriahkan Pemilihan Umum Kepala Daerah (pemilukada). Gak tanggung-tanggung si sexy dan hot Julia Perez ikut Pemilukada Kabupaten Pacitan, sebuah lokasi yang bahkan gak ada benang merah sama si artis. Lair disana?? Enggak! Keluarga dari sono? Enggak! Suami dari sono?? Palagi.. Ck..ck..ck..ck..
Sebelumnya siy memang sudah ada beberapa artis yang nyalon jadi pemimpin/wakil pemimpin, baik provinsi, kabupaten atopun kota. Dari jaman Si Doel Rano Karno, Dede Yusuf, Dicky Chandra sampai Helmi Yahya. Tapi Jupe?? Masya Alloh… nulis namanya di google search saja, page 1 yang muncul uda luarRRR biasa,, Cek this out!!

Oke gag masalah kalo artis nyalon kok.. Palagi kalo kapabilitas mereka mampu mendukung elektabilitas yang pasti sudah dimiliki oleh seorang artis. Lagipula artis itu kan profesi, bukan kejahatan. Iya toh?
Tapi apa iya mereka memiliki kemampuan untuk me-manage satu wilayah? Ini termasuk buat profesi yang lain lo ya, kan biasanya yang nyalon jadi kepala daerah/wakil itu selain artis, ada pengusaha, ada pengurus-kader parpol, ada incumbent, ada juga kadang tokoh masyarakat, kadangkala ada tukang becak juga.

Apapun profesi mereka, ada baiknya departemen dalam negeri memiliki suatu syarat yang jelas dan tegas serta tidak abu-abu dalam penentuan siapa yang boleh nyalon. Meskipun sudah memiliki 16 syarat menjadi calon [correct me if I wrong], sebaiknya di-review kembali dan diganti kalo perlu.

Setelah itu ada baiknya dilakukan fit and proper test yang dilakukan oleh tim kredibel-independen terdiri dari beberapa stakeholder, dari tingkatan pusat dan dan daerah, melakukan penilaian terhadap masing-masing calon dengan standar yang transparan dan adil.

Itu dari sisi person-nya.

 
Leave a comment

Posted by on 5 April, 2010 in Every-thinks

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: