RSS

Fatwa Haram Merokok

16 Mar

Hebohhhhh-nya salah satu lembaga ini mengeluarkan fatwa haram merokok. Mantap lah.. Salut sama keberaniannya ditengah bagaimana Indonesia sangat bergantung pada Industri rokok termasuk multiplier effect plus trickle down effect, bahkan sampe pada ranah-ranah CSR yang W.O.W.. Bayangin aja tuh Liga Sepakbola Indonesia yang bahkan namanya mengadopsi dari nama rokok!! Belum iklan-iklannya yang diTiPi sangat atraktif dan kreatif di tengah belenggu peraturan tentang penayangan iklan rokok.. (two thumbs up for cigar advertisement!!).. Oia, orang Indo juga ada yang masuk Forbess gara2 jadi bos rokok juga logh!! wedyannnn…..

Apakah langkah ini cuman biar populer menjelang 1 abad ato alasan yang lain, I don’t care. Yang menarik perhatian saya bukan pada motif dibalik keluarnya fatwa haram itu, tetapi bagaimana ya jika fatwa itu benar ditepati?? Memindahkan industri rokok dari hulu sampai hilir berikut efek limpahannya pasti membutuhkan waktu yang …arghhh,,, even I can’t imagine how long!! Dan semoga ini juga sudah difikirkan oleh para pengambil fatwa, alternatif dan solusi terhadap para pencari nafkah di sektor rokok mulai dari petani tembakau sampe pedagang asongan.. Jangan hanya berfatwa tanpa tau kondisinya.. Ibaratnya tuh kayak merencanakan tetapi belum tau karakter ruang yang anda rencanakan.. Bahaya..bahaya..

Selain itu apa IYA ini timing yang tepat untuk keluarnya fatwa haram buat negara “sekelas” Indonesia?? Tidak usah saya jelaskan pasti sudah pada tau kan ya. Cek aja tuh bagaimana Pemda DKI dan baru-baru ini PEmda DIY sudah mem-PerDa-kan larangan merokok di tempat-tempat umum dan hasilnya ___??? (silakan diisi sendiri ya..)

Finally, saya bukan orang yang antipati kok sama fatwa itu, karena memang mudharat (keburukan, red) jauh lebih banyak daripada kebaikannya. Tapi, perlu dikaji mendalammmmm dan mendetilllll logh… Banyak aspek, banyak kepentingan..

Salam…

 
Leave a comment

Posted by on 16 March, 2010 in Every-thinks

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: